GIMP : Software Editing Foto

Saya yakin, kalian pasti kenal dengan aplikasi Photoshop CS, yah... aplikasi ini sangat familiar dikalangan para editor foto di seluruh dunia dan akhirat..heee.. sebanding dengan kegunaannya aplikasi ini sangatlah mahal (jare wong kang bli due duit) yang terbaru baru kemaren dirilis Photoshop CS6 seharga 699 dolar..heemmm..

nah... Saya punya Info bagi para Newbie Linux, ada alternatif pengganti Photoshop yang Gratis (open source) dan Halal 100%...


GIMP, singkatan dari GNU Image Manipulation Program merupakan software open source yang mirip dengan Photoshop. Kedua program ini memiliki kesamaan dalam sistemnya (kembar beda Bapa & Beda Ibu)...hehehehe
Interface dari GIMP pada dasarnya sangat sederhana. namun bila kamu pengguna aktif Photoshop, mungkin kamu akan kesulitan pada awalnya karena sudah terbiasa dengan Photoshop (kaya diriku). Justru orang awam dalam hal editing gambar malah bisa cepat memahami fungsi-fungsi GIMP karena pada dasarnya memang lebih simple.
Pertama kali membuka GIMP, akan ada 3 layar yang keluar. layar toolbox yang menampilkan tool dasar dari GIMP, yaitu Pencil, Brush, Airbrush, Blur, Smudge, Crop dan Color Picker, Clone Stamp dan banyak lagi lainnya.
Canvas serupa dengan Photoshop dengan beberapa tool filter dan pengaturan manajemen warna. Kamu bisa menggunakan layer untuk meningkatkan daya guna dari software ini.


Seperti halnya Photoshop yang menggunakan .PSD untuk file olahannya, GIMP menggunakan format file XCF. Format ini bisa dengan mudah dikonvert ke format BMP, JPEG,GIG,TIFF, PNG, dan lainnya yang lebih umum kok.
Kalau kamu sudah terbiasa dengan Photoshop, di GIMP kamu akan memahami sistem brush yang mirip dengan Photoshop.

GIMP juga menyediakan berbagai tool yang bisa kamu akses dengan cepat bila kamu mengklik toolbox di sebelah kanan. kamu bisa melakukan fungsi seperti crop, rotate, menggunakan filters dan mengolah foto kamu dengan mudah bila sudah terbiasa, cukup dengan menggunakan peralatan di toolbox tersebut. GIMP sangat ringan dan cepat dalam mengaplikasikan semua efek yang digunakan.

Jika kalian siap. untuk menghilangkan candu photoshop.. silangkan kalian wudhu dulu..heheh trus silahkan download aplikasinya disini ......

plikasi ini akan menjadi solusi bagi kamu yang menginginkan tool sekelas Photoshop, tapi gratis, ringan, dan tidak makan banyak resource. Kelemahan yang ada di GIMP adalah, minimnya koleksi brush dan font yang tentu saja berlimpah di Photoshop. Tapi untuk pemula, menggunakan GIMP akan sangat membantu dalam editing photo dan gambar2 lain... :)

About Elham Multimedia

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

1 komentar: