Menikmati Indahnya Setu Patok

Setu Patok Disore Hari
Siapa sangka Cirebon mempunyai sebuah Setu yang besar. Setu yang terletak di Kecamatan Mundu, Kab. Cirebon ini cukup luas, dan pemandangan yang masih asri. Disekitar Setu pemandangannya berupa sawah dan bukit yang menghampar luas. Ditengah Setu Patok in terdapat sebuah Bukit yang mirip gunung, warga sekitar biasa menyebut bukit yang ditengah Setu ini dengan sebutan Gunung Setu Patok.

Biasanya Setu ini ramai dikunjungi Warga Cirebon saat hari libur. Setu ini pun dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari ikan ditengah Setu dengan cara menjala layaknya nelayan yang mencari ikan dilaut, ada pula yang hanya memancing bahkan mencuci kendaaran bermotor mereka dipinggiran Setu.

Ada dua akses menuju Setu Patok ini dari arah Kota Cirebon. Yang pertama dari arah Argasunya, Meskipun jalannya sudah diaspal tapi karena akses dari sini sering lewati truk pengangkut pasir dan batu, maka jalannya pun menjadi rusak parah. Yang kedua dari arah Perum Kalijaga, karena daerah sini merupakan wilayah perumahan umum, maka jalannya pun bagus hanya dilalui kendaraan pribadi saja, jarang sekali truk yang lewat. Saya sarankan jika ingin ke Setu Patok lebih baik lewat jalur perum ini.


Ini merupakan salah satu potensi wisata yang besar yang ada di Cirebon jika dikelola dengan baik, seperti halnya objek wisata Waduk Darma di Kab. Kuningan. Tak ada tiket untuk menikmati indahnya Setu Patok ini, oleh karenanya kita harus tetap menjaga kelestarian Setu patok ini, dan kita harapkan asset daerah ini tidak dicemari dan tidak dimanfaat oleh mereka yang mempunyai kepentingan golongan semata.

About AguzLicious

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

6 komentar:

  1. Patut dikunjungi, ehh min tambahin gambar suasana sekitar situ patoknya dong.. Biar pada tau yg pelum tau-nya..

    ReplyDelete
  2. Patut di kunungi nih. Min saran, kalo bisa dikasih foto suasana sekitar situ patoknya.. Biar pada tau . :)

    ReplyDelete
  3. perna uey tapi sayang lum ke pulau kecilnya.. kapan2 kesitu yuuukkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mabok perahu kih lamun ning tengah pulau setu. haha

      Delete
    2. pada bae yakin hahahahaha doyan mabok reang gen hahaha

      Delete