Yang Unik Di Masjid Kramat Kalijaga Cirebon

Area Masjid Kramat Kalijaga
Masjid ini terletak di Kampung Kalijaga, Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Masjid ini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kramat Kalijaga. Ada beberapa hal yang unik dari Masjid peninggalan Sunan Kalijaga ini, diantaranya:

  • Sunan Kalijaga pernah menyabarkan ajaran agama Islam di wilayah ini dan meninggalkan jejak, sehingga kampung ini diberi nama Kalijaga dan Masjid ini lebih dikenal Masjid Kramat Kalijaga. Disamping masjid terdapat sebuah bangunan yang isinya merupakan makom/jejak atau benda peninggalan Sunan Kalijaga. Hampir setiap minggu, terutama di jum’at kliwon banyak peziarah dari berbagai daerah yang datang kesini.
  • Terdapat beberapa makam para pengikut Sunan Kalijaga, dan disekitar masjid merupakan tempat pemakaman pribumi.
  • Jika di masjid lain khutbah jum’at menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan di masjid Kramat kalijaga ini khutbahnya hanya menggunakan bahasa Arab. Di Cirebon sendiri hanya ada 2 masjid yang khutbahnya menggunakan bahasa Arab, yaitu di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kasepuhan (peniggalan Sunan Gunung Jati) dan Masjid Kramat Kalijaga ini.
  • Disekitar masjid masih terdapat pohon-pohon yang berukuran begitu besar dan tinggi, umur dari pohon ini mencapai seratus tahun lebih.
  • Dan disini pun ada Taman Kera, yang konon katanya ini adalah kera atau monyet kutukan Sunan Kalijaga. Jumlah monyetnya pun hanya sekitar 40 ekor, tak kurang tak lebih. Untuk mengetahui mengenai sejarah monyet kutukan ini, silahkan klik disini.
  • Setiap hari raya Idul Adha dan Idul Fitri banyak para penjual mainan dan makanan yang memenuhi kawasan masjid layaknya pasar rakyat, para penjual memadati kawasan ini selama seminggu.

About AguzLicious

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

5 komentar:

  1. Replies
    1. Haha.... bukan nengok sodara tp mo nyulik slh satu nya buat di eksploitasi dijadikan ladang duit keliling desa

      Delete