8 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

Tips Musim Hujan - Rebon.Org, Musim hujan di Kota dan Kabupaten Cirebon semakin menjadi-jadi. Pagi cerah sore hujan, tentu fisik menjadi cepat lelah dan daya imunitas tubuh menjadi lebih rentan. Terlebih jika bankteri dan virus mulai mengembangkan sayap jahat mereka untuk menyerang manusia.

Manusia yang lengah bakal menjadi sasaran empuk, untuk menjadi perantara virus mengembang-biakkan generasi mereka.

Agar bisa mengantisipasi serangan penyakit yang dibawa oleh para virus dan bakteri di musim hujan, berikut adalah delapan tips bagaimana menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar di musim hujan, beberapa diantaranya:
  1. Perbanyak konsumsi buah-buahan, utamanya yang mengandung vitamin C sebelum makan atau sarapan. Mengapa perlu makan buah-buahan sebelum makan? Karena kandungan vitamic di dalam buah seperti jeruk, apel, tomat, wortel, dan mangga biasanya cepat hangus ketika buah ini membusuk  di dalam tubuh, ketika buah ini dikonsumsi setelah makan.
  2. Perbanyak bergerak atau aktivitas olah raga. Misalnya usai sholat subuh, biasakan jalan-jalan ringan atau lari-lari dengan ringan, ini akan membakar kalori yang lama tersimpan di dalam tubuh. Tubuh akan seringkali keram, dan mudah lelah saat kita jarang berolah-raga.
  3. Jangan hujan-hujanan, karena air hujan menyimpan banyak debu atau menyerap debu yang berterbangan di langit dan manjatuhkannya ke bumi. Jika kita hujan-hujanan, otomatis kita akan terpapar banyak debu yang terkandung dalam air hujan. Air hujan pun akan menjadi sarang bibit penyakit, karena banyak bakteri yang menyebar saat air hujan menggenangi jalanan atau di rumah. Pakailah jas hujan, ini akan meminimalisir daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.
  4. Mandi pakai air hangat, suhu tubuh dengan suhu di lingkungan biasanya akan berbanding terbalik. Suhu tubuh akan memanas atau menghangat, ini gejala normal akibat tubuh membentengi diri dari suhu ekstrim di lingkungan. Apabila Anda tidak mau mandi kedinginan, pakailah air hangat, agar tubuh menjadi lebih segar walau pun di musim hujan. 
  5. Minum air hangat, ini akan membantu tubuh berkeringat saat suasana sedang dingin dan tanpa perlu berolah raga. Usahakan minum air hangat saat malam hari akan menambah tubuh menjadi kuat dengan suhu lingkungan.
  6. Kurangi makan pedas di musim hujan. Banyak penyakit diare berkembang di saat musim hujan karena perilaku jorok dan kebiasaan orang yang berlebihan makan jajanan pedas di musim hujan. Akan sangat merepotkan jika 
  7. Waspadai genangan air. Serangan penyakit bukan hanya dari bakteri dan virus, terkadang juga datang dari hewan, seperti nyamuk. Waspadailah genangan air di dalam rumah dan di luar rumah. Butuh waktu tujuh hari agar telur nyamuk di dalam air berubah wujud menjadi nyamuk. Nyamuk malaria dan demam berdarah tidak menunggu musim kemarau untuk menularkan bibit penyakit ke manusia, besok pun nyamuk ini bisa menularkan penyakit mereka ke manusia. Jadi, tutuplah tempat penampungan air, rapikan barang-barang bekas, dan bila perlu melakukan pengasapan jika sudah ada kejadian luar biasa di daerah Anda. 
  8. Jaga kebersihan tangan. Ingat, tangan adalah jalur makanan menuju ke tubuh Anda, apabila tangan Anda bersih, maka bersihlah perut Anda. Namun apabila tangan Anda kotor, maka kotorlah perut Anda. Rajin-rajinlah cuci tangan hingga bersih terutama sebelum makan dan setelah makan. 
Demikian ke-delapan tips agar tubuh tetap sehat di musim hujan, ingat, pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena lebih enak hidup sehat bebas di alam, daripada hidup di dalam rumah sakit.

Orang yang sedang sakit tidak bisa merasakan enaknya sate, tidak akan menikmati enaknya makan buah apel dan lain sebagainya. Hanya orang sehatlah yang bisa menikmati enaknya kenikmatan dunia. 

About Santosa SPd

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

7 komentar:

  1. iyap, betul banget ni tips nya!
    duduk di dalam rumah ketika huja, minum teh hangat. itulah nikmant sesungguhnya :)

    ReplyDelete
  2. Nah, itulah nikmatnya musim hujan bro. :)

    ReplyDelete
  3. terimakasih, memang di musim hujan kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga, pasalnya di musim penghujan banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan seperti yang telah diinformasikan dalam artikel diatas. Terimakasih banyak atas informasi nya. Terus berbagi info bermanfaat. Salam sehat!

    ReplyDelete
  4. bgus tips nya gan dngan ini kita lebih memperhatikan lagi kesehatan kita

    ReplyDelete
  5. Mempunyai dan memiliki tubuh yang sehat tentu harus dipunyai, agar setiap aktivitas lancar. Tapi masalahnya terkadang malas menjaga tubuh dan ga ada waktu untuk olahraga. Nah, sebenarnya kembali ke diri masing-masing, harus punya motivasi dulu gimana caranya agar bisa punya tubuh yang sehat. Pasti kedepannya lebih semangat untuk menjaga tubuh.. :)

    ReplyDelete
  6. fotonya gokil banget, untung anak kecil ya, hehe.....tapi benaran, main hujan-hujanan itu emang menyenangkan banget apalagi saat kecil. Cara Menghilangkan Jerawat

    ReplyDelete