SPP Cirebon Buka Kelas Belajar Essai, Opini, Cerpen, Puisi dan Mahir Ngeblog

Informasi - Rebon.Org, Kali ini Komunitas Blogger Cirebon mau berbagi informasi mengenai kegiatan dari Serikat Penulis Pelajar yang tengah membuka kelas menulis belajar essai, cerita pendek, puisi, opini dan mahir ngeblog, yang biasa diadakan pada setiap hari Jumat pukul: 13:30 hingga pukul 17:00 WIB yang biasa diselenggarakan di Tongkrongan Cirebon.

Acara yang biasanya diikuti oleh kalangan pelajar dan mahasiswa ini diadakan di Griya Sinau, tempat asik dan enak buat 'ngadem' saat mentari sedang terik-teriknya menyorot ke bumi.

Namun saat berada di Griya Sinau, dijamin, suasana panasnya kota Cirebon tidak akan terasa.

Ada dua mentor yang siap mendengar "keluhan" dari teman-teman calon penulis berbakat dalam mendalami bidang yang disukai dalam hal tulis-menulis.

Mentor yang pertama adalah M. Khoirul Anwar KH, dia adalah seorang penulis essai, opini, dan ahli dalam bidang tulis menulis, termasuk jurnalistik. Dia juga seorang mantan wartawan dari sebuah media cetak di Cirebon yang saat ini tengah menjadi pengamat independensi sebuah media yang ada di Cirebon.

Karya-karya tulisannya telah banyak dimuat di beberapa media cetak lokal hingga nasional, dan telah mendapatkan beberapa kali penghargaan dalam berbagai perlombaan penulisan tingkat nasional.

Mentor yang ke-dua adalah langsung dari ketua Komunitas Blogger Cirebon, saya sendiri (Santosa, SPd) alumni dari mahasiswa pendidikan ekonomi dan akuntansi Unswagati, sama halnya dengan M. Khoirul Anwar, semasa menjadi mahasiswa juga terjun dalam dunia jurnalistik, dan sempat menjadi ketua Lembaga Pers Mahasiswa Setara Unswagati.

Aktif dalam mengikuti perlombaan penulisan di tingkat lokal dan aktif pula dan kontribusi penulisan opini di sejumlah media lokal yang ada di Cirebon. Mentor yang ke-dua ini, khusus membidangi penulisan dan pembelajaran dalam menulis artikel (tulisan ringan) dan mengelola blog (blogger, wordpress, joomla, dst).

Penasaran seperti apa kegiatan kita di dalam Kelas Penulis Pelajar di Griya Sinau, Tongkrongan Cirebon yang berada di Plumbon?

Nah seperti inilah kegiatan kita.
Bung Khoirul Anwar KH di hadapan anggota Serikat Penulis Pelajar Cirebon

 Lalu apa yang akan kita dapatkan jika mengikuti kelas SPP Cirebon ini? Banyak hal yang bakal kita dapatkan jika mengikuti kelas SPP ini, beberapa diantaranya adalah: Dapat menggali potensi kita lebih dalam dalam dunia tulis menulis seperti cerpen, puisi, pantun, novel, essai, opini, dan karya jurnalistik lainnya. Bagaimana sebuah opini dapat mempengaruhi seseorang yang membacanya, bagaimana sebuah tulisan dapat memiliki roh, memiliki lautan emosi, dan bagaimana agar tulisan menjadi sebuah karya yang bernilai tinggi. Sudah pasti semua pertanyaan itu akan terjawab dalam kelas menulis nanti.

Para pelajar tengah berdiskusi dengan teman-temannya dalam mengikuti kegiatan kelas menulis di SPP

 Bukan hanya berdiskusi, membaca, dan menulis, anggota SPP Cirebon pun dapat langsung berdiskusi dengan mentor dalam mengikuti kegiatan perlombaan di bidang tulis menulis, para mentor ini siap menjadi pendamping dalam diskusi bagaimana menuliskan sebuah karya yang berkualitas.

Seperti yang dilakukan oleh saya (Santosa) saat tengah mendampingi anggota SPP Cirebon di Plumbon saat menghadapi perlombaan menulis cerpen pada beberapa pekan lalu.

Dan masih banyak lagi agenda kegiatan di bulan-bulan selanjutnya.

SPP Cirebon rencananya dalam beberapa bulan yang akan datang akan terus memberdayakan potensi yang ada yang masih dimiliki oleh kalangan pelajar di Cirebon.

SPP Cirebon siap dalam bersama-sama anggota untuk membuat terobosan baru bersama kalangan pelajar dan mahasiswa untuk membuat karya-karya baru dalam sejarah di Cirebon.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi ibu Atiek, di no HP: 087829317353

About Santosa SPd

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment