Blogger Cirebon Diundang Bappeda Cirebon untuk Mengunjungi Desa Tegal Wangi Sentra Rotan

Tim Blogger Festival Pesona Cirebon di desa Tegal Wangi | Foto: Rebon.Org
Pesona Cirebon - Rebon.Org, Masih dalam perjalanan #FestivalPesonaCirebon, kali ini teman-teman dari Blogger Cirebon, Blogger Indramayu, dan Blogger Jakarta mendapat undangan dari bapak Ramdan dari bagian Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, dan bapak Agus dari bagian Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Cirebon untuk mengunjungi desa Tegal Wangi yang merupakan desa industri penghasil kerajinan rotan yang berkualitas tinggi.

Awalnya kami kedatangan tamu dari Dinas Perhubungan dan Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Cirebon pada hari Jumat malam di tempat kami bermalam, lobby Hotel Amaris Cirebon yang berada di Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Waktu itu saya (Santosa CirebonBeautiful.blogspot.com), ibu Nina Yusab (Blogger Jakarta - LangsungEnak.com), Agus (Saegaleri.blogspot.com), bapak Ramdan, dan bapak Agus duduk untuk berbincang-bincang tentang segala potensi wisata di wilayah Kabupaten Cirebon, karena kebetulan juga kami (Blogger Cirebon) sedang mengikuti acara Festival Pesona Cirebon yang tengah berlangsung dengan dukungan langsung dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Ya, langsung saja kita ambil undangan (informal) tersebut dalam rangka mempromosikan potensi wisata dan industri di daerah yang terbilang sangat bagus. Karena menurut data yang disampaikan pak Ramdan, ternyata pasar rotan dalam negeri Indonesia sebanyak 60%nya disuplai dari desa Tegal Wangi, Cirebon dan jangan lupa katanya, pasar rotan di dunia, Indonesia adalah salah satu negara terbesar yang menyuplai barang rotan di dunia.

Menurut bapak Solikin, bos sekaligus pengusaha rotan yang berada di desa Tegal Wangi, industri rumah tangga di desa Tegal Wangi sangat bagus, dan bermanfaat bagi warga disana. Karena dari satu kursi rotan saja, bisa menghidupi hingga sembilan orang.

Saat ini pun perangkat desa setempat sudah memiliki sebuah Yayasan yang mana akan mempromosikan desa Tegal Wangi menjadi sentra rotan di Cirebon dan sebagai icon wisata industri berbasis pendidikan kerajinan tangan rotan.


Saat saya berada di lokasi, nampak beberapa pengrajin sedang menganyam dengan tangan kreatif mereka di susun, dan dengan apik disesuaikan dengan model yang dipesan oleh pembeli.

Wah saat saya memasuki pabrik rotan, nampak ada bapak-bapak yang sedang menghaluskan kayu rotan dalam sebuah mesin. Saya dan teman - teman pun harus menggunakan masker untuk memasuki kawasan tersebut. Wah rasanya saya sudah tidak sabar ingin melihat ini menjadi sebuah kawasan wisata pendidikan pengrajin rotan seperti di kawasan Batik Trusmi Cirebon.


About Santosa SPd

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment