Tim Blogger Festival Pesona Cirebon Makan Malam, dengan Nasi Bogana di Keraton Kacirebonan

Pesona Cirebon - Rebon.Org, Teman-teman dari Tim Blogger Festival Pesona Cirebon (Blogger Cirebon, Blogger Indramayu, Blogger Jakarta, dan perwakilan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia) makan malam bersama di Pawon Bogana, di halaman Keraton Kacirebonan. Kami pun duduk makan nasi bogana bersama Humas Kacirebonan, ibu Sonia.

Beliau menceritakan banyak hal tentang keistimewaan dari nasi bogana, nasi bogana itu sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti dariNya (dari Tuhannya, yang Memiliki). Menurut ibu Sonia juga, sebagian dari hasil profit di restoran Pawon Bogana ini, akan disumbangkan untuk kegiatan amal dan kegiatan sosial lainnya.

Dari wajah nasi bogana ini berisi nasi kuning, membentuk tumpeng yang berarti persembahan doa-doa kepada Tuhan, ada telur goreng, ada ayam semur, kemudian sambal, kemudian ada lalap, dan piringnya khas dibalut dengan anyaman seperti kayu rotan, dengan selandaran kertas nasi.

Sambil makan malam, kami berbincang-bincang tentang budaya lokal yang ada di Cirebon. Sesekali menceritakan tentang sejarah Indonesia dari masa ke masa. 

About Santosa SPd

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment