Budaya 1 Muharrom di Cirebon yang Dilakukan oleh Keraton

Gapura Kacirebonan
Budaya - Rebon.Org, Budaya sudah menjadi produk masyarakat di daerah-daerah. Setiap daerah pun memiliki adat dan budayanya masing-masing.

Seperti yang ada di daerah Cirebon yang satu ini. Dalam peringatan menyambut tahun baru islam misalnya, beberapa pasukan laskar macan Ali yang tergabung dalam Keraton Kanoman mengunjungi Situs Makam Sunan Gunung Jati.

Di Keraton Kacirebonan misalnya, menggelar tumpengan dan menonton kembali wayang kulit purwa, yang dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat dan para pemuda pecinta budaya.

Dalam kesempatan itu Blogger Cirebon pun ikut larut dalam kegiatan tersebut. Santosa, Dodi, Agus, dan Ridwan pun hadir dalam kegiatan rutin yang dilakukan oleh Keraton Kacirebonan.

Seperti dalam tanyangan video youtube berikut ini, ada pasukan laskar macan Ali bersama Keraton Kanoman yang memperingati malam 1 Muharrom di Gunung Jati, Cirebon.


Nampak masyarakat ikut mengawal kegiatan budaya tersebut, dengan jalan kaki dari Keraton Kanoman hingga situs Makam Sunan Gunung Jati.

Dengan jalan kaki dan bersholawat, masyarakat Cirebon ikut membaur dalam acara tradisi dan budaya tersebut.

Dalam menyambut 1 Muharrom juga, masyarakat sangat antusias dengan menggelar budaya lokalnya sendiri, seperti yang ada di desa Mertasinga dengan acara ider-ideran. Ini hal yang unik, dimana tradisi terus dilestarikan dan diramaikan dengan pertunjukkan yang luar biasa.

ider-ideran di desa Mertasinga

About Santosa SPd

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment