Jelang Tahun Baru 2017, Apa Saja Kegiatan Blogger Cirebon Selama Tahun 2016?

Blogger Cirebon tengah berada di Gedung DPR RI Jakarta Pusat 
Blogger Cirebon - Rebon.Org, Akhirnya Komunitas Blogger Cirebon menginjak akhir tahun 2016 (31/12/2016), banyak kegiatan yang sudah diselenggarakan, dari mulai kegiatan liputan harian, kopi darat bulanan, tulisan bulanan, workshop semesteran, hingga ajang perlombaan dalam mengasah bakat menulis, dan lain sebagainya.

Tentunya semua hal itu mengejar misi, dan visi Komunitas Blogger Cirebon yang masih terus diperjuangkan. Sejak awal didirikan pada Minggu 25 Mei 2013, hingga saat ini 31 Desember 2016 terus memproduksi karya-karya digital berikut dengan ide-idenya dan sumber daya manusia yang melek IT berikut dengan karya tulisannya.

Mulai dari wacana tentang Cirebon Smart City pada tahun 2015, Cirebon Kota Titik-titik di tahun 2016, hingga kontes SEO di akhir tahun 2016 ini. Komunitas Blogger Cirebon berupaya sedikit berkontribusi untuk pembangunan Cirebon di sisi digital dan information technology meskipun "masih terbilang masih sangat sederhana" tetapi terus-menerus berbenah dan diperbaiki.

Lalu apa saja kegiatan Komunitas Blogger Cirebon di sepanjang tahun 2016 ini, berikut ulasannya :

Mulai dari bulan Maret 2016, Blogger Cirebon yang mengikuti kegiatan Komunitas WEGI 4 di Gedung DPR RI Jakarta Pusat. Hingga keiukut sertaan teman-teman mahasiswa dari Cirebon bersama rombongan Blogger Cirebon "ngebolang" di Jakarta dari mulai naik Gojek, Bemo, mobil Taxi, semua dicoba. Pada saat itu juga Blogger Cirebon diberikan kesempatan untuk "menjajal" produk Smartfren di Jakarta, dan diundang untuk mereview produk mereka.

Pada bulan April 2016, Komunitas Blogger Cirebon diberikan kesempatan dan diundang untuk meliput kegiatan Festival Pesona Cirebon bersama Kementerian Pariwisata Indonesia, dan Keraton Kasepuhan. Seru rasanya bisa meliput ke-sana ke-mari, ada juga dari teman-teman blogger Jakarta dan wartawan nasional yang ikut dalam event tersebut. Masih di bulan yang sama, Cirebon kedatangan tamu dari wisatawan luar negeri, mereka adalah mahasiswa yang ingin berkunjung ke beberapa objek wisata di Cirebon.

Di bulan Mei, Blogger Cirebon menggelar seminar bertemakan Blogger sebagai Hobby atau Profesi? Hingga pada bulan Juni mulai berkenalan dengan Komunitas e-Tuli di Kota Cirebon. Dilanjut dengan Lomba Cirebon Kota Titik-titik pada ulang tahun Blogger Cirebon di bulan Mei.

Blogger Cirebon juga diberi kesempatan untuk mereview Film Angeline, hingga diundang juga sebagai media partner untuk acara Gotrasawala di Goa Sunyaragi pada Agustus lalu. Berlanjut pada bulan Agustus, Blogger Cirebon mengadakan kontes SEO dengan Hotel Metland Cirebon. Dilanjut dengan ngobrol bersama tentang Google Adsense.

Blogger Cirebon juga turut ikut berkomunikasi dengan 10 Komunitas penggiat lingkungan, dengan menjadi media partner dalam acara Festival Jaga Kali di Setu Patok pada September lalu. Anggota Komnitas Blogger Cirebon pun ikut menjadi pembicara tentang e-Commerce di Kampus Unswagati.

Tidak hanya itu, Komunitas Blogger Cirebon pun mencoba mengenalkan produknya lewat acara Lare Fest yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cirebon pada Oktober lalu di Sumber. Hingga dilanjut ke acara pelatihan kepemudaannya, anggota Komunitas Blogger Cirebon turut serta melatih dalam pembuatan blog untuk para pemuda di kabupaten Cirebon.

Hingga pada November kemarin kami dipercaya oleh tim Kompasiana untuk ikut meliput kegiatan Ulang Tahun Pertamina ke 59 yang diselenggarakan di Indramayu, selama dua hari. Pada kesempatan itu kami juga berkenalan dengan para Kompasianer Jakarta.

Sinergi selangkah, demi selangkah terus dibangun oleh Komunitas Blogger Cirebon, dari berbagai elemen masyarakat. Baik dari Corporation, Goverment, dan Non Goverment terus dibangun agar tercipta hubungan yang baik. Blogger Cirebon juga terus membantu publikasi Wisata Rotan Galmantro, dan potensi wilayah pariwisataan lainnya, sebagai bentuk upaya kami dalam menduniakan Cirebon.

Akhir tahun, pada Desember 2016 ini Blogger Cirebon berhasil mendatangkan tamu ke Wisata Rotan Galmantro, mereka dari Asosiasi Hadicraft Indonesia dari Jakarta ke Cirebon. Menjadi suatu indikator keberhasilan publikasi kami ke dunia IT.

Blogger Cirebon juga kini sudah resmi tergabung dalam Komunitas Cirebon Creative Community, dan sudah banyak ide-ide agenda dan program di tahun 2017 yang tengah digodog. Bagi yang belum bergabung di grup facebook silahkan bergabung GRATIS. Like juga fanspage Facebook Rebon.Org dan follow juga akun twitternya @Rebon_Org. 

About Santosa SPd

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment